Pages

Friday, August 2, 2013

IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MEDIA KARTU GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR EKONOMI SISWA KELAS X3 SMA NEGERI 1 ABIANSEMAL TAHUN PELAJARAN 2012/2013


Nama : Ni Wayan Arsiani                  NIM : 2009.III.2.0038                154 Halaman

Pelaksanaan pembangunan di era globalisasi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi dengan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) agar mampu bertahan dalam ketatnya persaingan global. Untuk dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, dunia pendidikan menjadi tumpuan utama sebab melalui pendidikan dapat dicetak sekaligus dikembangkan insan-insan yang terampil serta berkarakter aktif dan mandiri. Dalam rangka membentuk karakter siswa yang aktif dan mandiri maka guru sebagai tenaga pengajar perlu menggunakan berbagai metode dan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik siswa serta tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan.
Pembelajaran Ekonomi di kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal belum melibatkan potensi dan peran siswa secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa sebelum dilakukan penelitian yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yakni 77 dan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan observasi awal diperoleh bahwa dari 48 siswa kelas X3, 36 orang siswa (75%) mendapatkan nilai dibawah 77 (tidak tuntas) dan hanya 12 orang siswa (25%) yang mendapat nilai di atas atau sama dengan 77 (tuntas). Berdasarkan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa masalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X3 salah satunya bersumber dari faktor penggunaan metode ceramah yang terlalu monoton serta media yang kurang variatif. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan penelitian tindakan kelas dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2012 / 2013”.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ekonomi melalui implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media kartu gambar pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012 / 2013. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 48 siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus tindakan. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik rata-rata dan persentase serta secara kualitatif deskriptif.
Berdasarkan hasil analisis data diperoleh adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas X3 dari siklus I sampai dengan siklus III. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa kelas X3 pada pelajaran Ekonomi adalah 75,40 dengan total daya serap siswa sebesar 75,40% dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 65%. Pada siklus II, nilai rata     -rata siswa mengalami peningkatan sebesar 5,28% yakni dari 75,40 pada siklus I menjadi 79,38 pada siklus II dengan daya serap siswa sebesar 79,38% dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 75%. Pada siklus III, nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan sebesar 6% yakni dari 79,38 pada siklus II menjadi 84,14 pada siklus III dengan daya serap siswa sebesar 84,14% dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 95,83%.
Di samping terjadinya peningkatan prestasi belajar, penerapan metode Numbered Head Together juga mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar dari cukup aktif (49,74%) pada siklus I menjadi aktif (63,80%) pada siklus II dengan peningkatan sebesar 14,06%. Aktivitas siswa pada siklus III juga mengalami peningkatan sebesar 11,46% yaitu dari 63,80% pada siklus II menjadi 75,26% pada siklus III sehingga aktivitas siswa pada siklus III digolongkan sangat aktif.
Dengan demikian maka implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan media kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012 / 2013. Oleh karena itu, guru diharapkan agar selalu menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi sehingga minat dan semangat siswa dalam belajar selalu terjaga yang pada akhirnya mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.

1 comments: