Nama : Ni Wayan Arsiani NIM : 2009.III.2.0038 154 Halaman
Pelaksanaan
pembangunan di era globalisasi memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas
tinggi dengan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi
(IPTEK) agar
mampu bertahan dalam ketatnya persaingan global. Untuk dapat meningkatkan
kualitas sumber daya manusia, dunia pendidikan menjadi tumpuan utama sebab melalui pendidikan dapat dicetak
sekaligus dikembangkan insan-insan yang terampil
serta berkarakter aktif dan mandiri. Dalam rangka membentuk karakter siswa yang
aktif dan mandiri maka guru sebagai tenaga pengajar perlu menggunakan berbagai
metode dan media pembelajaran yang bervariasi sesuai dengan karakteristik
siswa serta tujuan
pembelajaran yang telah ditetapkan.
Pembelajaran
Ekonomi di kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal belum melibatkan potensi dan peran
siswa secara optimal. Hal ini ditunjukkan dengan prestasi belajar siswa sebelum
dilakukan penelitian yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal yakni 77
dan ketuntasan klasikal 85%. Berdasarkan observasi awal diperoleh bahwa dari 48
siswa kelas X3, 36 orang siswa (75%) mendapatkan nilai dibawah 77 (tidak
tuntas) dan hanya 12 orang siswa (25%) yang mendapat nilai di atas atau sama
dengan 77 (tuntas). Berdasarkan observasi yang dilakukan ditemukan bahwa
masalah rendahnya prestasi belajar Ekonomi siswa kelas X3 salah satunya
bersumber dari faktor penggunaan metode ceramah yang terlalu monoton serta
media yang kurang variatif. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan penelitian
tindakan kelas dengan judul “Implementasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dengan
Media Kartu Gambar untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X3
SMA Negeri 1 Abiansemal Tahun Pelajaran 2012 / 2013”.
Penelitian
ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar Ekonomi melalui implementasi
metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered
Head Together (NHT) dengan media kartu gambar pada siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012 /
2013. Penelitian tindakan kelas ini melibatkan 48 siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal. Penelitian dilakukan dalam 3 siklus
tindakan. Data prestasi belajar dikumpulkan dengan menggunakan metode dokumentasi dan tes
sedangkan data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan lembar
observasi. Data yang terkumpul dianalisis secara kuantitatif dengan teknik
rata-rata dan persentase serta secara kualitatif deskriptif.
Berdasarkan
hasil analisis data diperoleh adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas
X3 dari siklus I sampai dengan siklus III. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa
kelas X3 pada pelajaran Ekonomi adalah 75,40 dengan total daya serap siswa
sebesar 75,40% dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 65%. Pada siklus II, nilai
rata -rata siswa mengalami
peningkatan sebesar 5,28% yakni dari 75,40 pada siklus I menjadi 79,38 pada
siklus II dengan daya serap siswa sebesar 79,38% dan nilai ketuntasan klasikal
sebesar 75%. Pada siklus III, nilai rata-rata siswa juga mengalami peningkatan
sebesar 6% yakni dari 79,38 pada siklus II menjadi 84,14 pada siklus III dengan
daya serap siswa sebesar 84,14% dan nilai ketuntasan klasikal sebesar 95,83%.
Di
samping terjadinya peningkatan prestasi belajar, penerapan metode Numbered Head Together juga mampu
meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal. Hal ini
ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar dari cukup aktif (49,74%) pada
siklus I menjadi aktif (63,80%) pada siklus II dengan peningkatan sebesar
14,06%. Aktivitas siswa pada siklus III juga mengalami peningkatan sebesar
11,46% yaitu dari 63,80% pada siklus II menjadi 75,26% pada siklus III sehingga
aktivitas siswa pada siklus III digolongkan sangat aktif.
Dengan
demikian maka implementasi metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan
media kartu gambar dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Abiansemal tahun pelajaran 2012 / 2013. Oleh
karena itu, guru diharapkan agar selalu menggunakan metode dan media
pembelajaran yang bervariasi sehingga minat dan semangat siswa dalam belajar
selalu terjaga yang pada akhirnya mampu meningkatkan prestasi belajar siswa.
Horay
ReplyDeleteLagi Lagi Ku Duluan
Coment.....